Tips Mencegah Akun Facebook Anda Suka Auto Like

  • Whatsapp

Beberapa terakhir ini medsos dipenuhi dengan aduan beberapa pemakai Facebook yang mengatakan akunnya dengan cara automatic memberikan sinyal ‘like’ (senang) pada fanpage Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Read More

Walau sebenarnya pemilik account tidak sempat rasakan memberikannya sinyal jempol di fanpage itu.

Pengamat Keamanan Siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya memberikannya beberapa panduan untuk menghindar like automatic di account Facebook.

1. Check Activity Log (Log Pekerjaan)

Soal pertama yang dapat dijalankan seandainya account terburu suka pada account pemakai ialah mengecheck sisi Activity Log.

Alfons menjelaskan penelusuran dijalankan seandainya pemakai ingin tahu pingin pahami kapan account pemakai ‘like’ fanpage Facebook.

Untuk diingat, Log Pekerjaan ialah suatu spesifikasi yang menyimpan semuanya pekerjaan pemakai di Facebook. Bisa jadi kita dapat mengingat-ingat kembali kapan suka pada fanpage. Juga bisa dengan menyamakan apa kita tengah memanfaatkan account waktu account kita suka pada fanpage itu.

Log Pekerjaan dapat dibuka di profile pemakai, tombol Log Pekerjaan ada di photo sampul di samping tombol ubah profile. Di Log Pekerjaan, pemakai langsung bisa cari fanpage atau semua pekerjaan dalam kolom pelacakan.

Dalam Log Pekerjaan Anda dapat pahami semuanya upload, tagging photo, pekerjaan ‘like’ sampai semua pekerjaan komentar di Facebook.

Alfons pun memberi saran supaya pemakai buka semua aktivitasnya dengan menggulung (scroll) ke bawah. Setelah itu pemakai dapat memanfaatkan spesifikasi pelacakan dari browser dengan mendesak ‘Ctrl’ serta ‘F’. Setelah itu pemakai ketikkan keyword yang pingin didapati.

2. Cek Aplikasi serta Situs Yang Terkoneksi Ke Facebook

Alfons menjelaskan terdapat sejumlah aplikasi Autolike yang memalsukan diri jadi aplikasi dari perusahaan besar. Oleh karenanya, Aflons memohon supaya pemakai menelaah semua aplikasi yang terinstal di Facebook Apps.

“Bila ada yang menyangsikan atau mungkin tidak anda kehendaki, lekas hapus,” kata Alfons.

Anda dapat mengecheck semuanya aplikasi serta situs yang terkoneksi dengan account Facebook di penataan. Dari penataan, anda setelah itu pilih ‘Aplikasi serta Situs Web’.

Dari sana Anda dapat memandang semuanya aplikasi serta situs yang aktif, ataupun yang udah kedaluwarsa serta dihapus.

3. Instal Anti Virus

Alfons menjelaskan malware bisa juga jadi satu diantara yang menimbulkan account dapat lakukan like atau posting dengan cara automatic di Facebook. Tidak itu saja, Malware bisa juga kumpulkan info sampai pekerjaan pemakai.

Oleh karenanya, Alfons memberi saran supaya pemakai pun ikut menempatkan anti virus .

“Malware ialah aplikasi jahat yang dicetak buat menyelewengkan hak akses yang dipunyai oleh fitur pc atau account online anda, umpamanya account Facebook,” kata Alfons.

Alfons menjelaskan beberapa ciri account Facebook yang terinfeksi Malware ialah account pemakai kerap lakukan posting spam atau menyampaikan pesan yang tak anda tahu atau kehendaki.

 

sumber:cnn

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *