6 Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan Setelah Proses Membeli Mobil Bekas

  • Whatsapp

Proses jual beli mobil bekas yang Anda jalani boleh jadi sudah selesai. Mobil sudah Anda miliki dan uang sudah dibayarkan. Namun apakah sampai di situ saja prosesnya? Nyatanya tidak. Sebagai pembeli mobil bekas, Anda perlu melakukan beberapa hal terkait pengecekan komponen mobil atau bahkan menggantinya jika diperlukan. Hal ini penting agar mobil bekas Anda serasa seperti mobil baru.

Read More

Jadi, apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah Anda membeli mobil bekas? Berikut ulasannya.

1. Cek dan ganti oli

Anda perlu mengecek kondisi oli. Pada mobil, ada beberapa jenis oli yang perlu Anda perhatikan, yaitu oli mesin, oli transmisi, oli gardan, oli rem, hingga oli power steering. Anda perlu mengecek seluruhnya dan menggantinya jika perlu.

Oli wajib diganti jika tekstur dan warnanya berubah serta terdapat kotoran di dalamnya. Anda juga disarankan untuk tetap mengganti oli mobil meskipun pihak penjual mengaku bahwa oli mobil baru saja diganti. Jika Anda menggantinya dengan yang baru, Anda bisa memperkirakan penggantian oli untuk waktu selanjutnya.

2. Cek dan ganti aki mobil

Aki mobil juga perlu Anda periksa. Hal ini untuk menghindari kemungkinan aki yang lama sudah dalam kondisi tidak layak atau soak. Aki yang sudah soak akan membuat mobil sulit di-starter bahkan juga bisa menimbulkan suara yang mengganggu. Agar tidak terjadi hal tersebut, periksalah aki mobil bekas yang baru Anda beli dan gantilah jika diperlukan.

3. Ganti filter udara

Filter udara merupakan komponen selanjutnya yang sebaiknya Anda ganti. Komponen ini memegang peranan yang penting untuk menyaring debu agar tidak masuk ke bagian mesin. Untuk menggantinya cukup mudah. Anda bisa melakukannya sendiri atau bisa juga menyerahkan tugas ini ke bengkel.

4. Periksa dan ganti ban jika diperlukan

Ban mobil juga perlu Anda perhatikan setelah proses jual beli mobil bekas selesai. Ban mobil harus diganti jika polanya sudah mulai gundul. Anda juga perlu memeriksa apakah terdapat bekas tambalan atau tidak. Jika diperlukan, gantilah ban mobil bekas yang baru Anda beli agar mobil tersebut lebih terasa seperti mobil baru.

5. Bersihkan kabin mobil

Hal selanjutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah membersihkan kabin atau bagian interior mobil. Untuk hal ini, lebih baik Anda serahkan kepada ahlinya yang lebih profesional. Pembersihan bagian kabin mobil ini dimaksudkan agar mobil lebih steril dan bebas dari kotoran. Apalagi jika mengingat Anda tidak tahu riwayat pemakaian mobil tersebut dan hal-hal yang mungkin terjadi di dalamnya.

6. Balik nama kepemilikan

Mobil bekas yang baru Anda beli masih atas nama orang lain, baik di STNK maupun di BPKB. Untuk itu, penting juga bagi Anda untuk melakukan proses balik nama. Anda bisa mengurusnya di kantor SAMSAT. Dengan melakukan balik nama kepemilikan mobil, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengurus hal-hal lain ke depannya, seperti pembayaran pajak hingga perpanjangan plat nomor.

Demikian 6 hal yang sebaiknya Anda lakukan setelah membeli mobil bekas. Jadi, jangan hanya langsung memakainya untuk pergi ke kantor atau sekedar jalan-jalan, Anda juga perlu setidaknya 6 hal yang sudah disebutkan di atas. Bahkan ketika Anda membeli mobil dengan kondisi yang baik sekalipun, Anda sebaiknya tetap melakukan pengecekan menyeluruh.

Membahas tentang mobil bekas tidak bisa lepas dari tempat membeli atau menjual mobil bekas. Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk membeli mobil bekas. Namun yang pasti Anda harus memilih tempat yang kredibel dan terpercaya, seperti Garasi.id.

Garasi.id merupakan platform jual beli mobil bekas secara online. Anda bisa menjual mobil bekas di sini dengan cara memasang iklan secara gratis. Anda yang sedang mencari mobil pun bisa menggunakan platform ini untuk membeli mobil bekas dengan cara kredit.

Kredit mobil bekas di Garasi.id caranya sangat mudah, yaitu dengan :

1. Kunjungi laman Garasi.id

2. Pilih Kredit Mobil

3. Pilih mobil yang Anda inginkan

4. Pilih partner kredit

5. Lengkapi data yang dibutuhkan

6. Proses selesai dan Anda tinggal menunggu sampai dihubungi oleh pihak Garasi.id

Jika disetujui, Anda bisa langsung membawa pulang mobil bekas pilihan Anda tersebut. Mudah sekali, kan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *