5 Tips Memilih Kamera untuk Travelling

  • Whatsapp

5-tips-memilih-kamera-untuk-travelling

Salah satu kriteria pemilihan kamera travel yang cocok adalah menghasilkan kualitas gambar bagus. Kedua, carilah kamera dengan ukuran dan bobot lebih ringan seperti Canon DSLR dimana menjadi salah satu kamera yang paling sering dipilih untuk menemani para traveller. Selain hasil jepretan yang berkualitas, kamera ini mudah dibawa ke mana-mana. Kamera yang ringan akan membuat Anda nyaman saat memotret karena tidak akan merasa berat dan cepat lelah.

Read More

Tips ketiga adalah memperhatikan cuaca saat pergi travelling, karena hal tersebut mempengaruhi kamera yang harus dibawa. Pada suhu yang sangat rendah, kondisi berdebu, atau sering terjadi badai hujan, sebaiknya Anda menyiapkan kamera dengan lensa yang memiliki weather sealing agar mudah digunakan di lapangan.

Kriteria Kamera Travelling

Kamera travelling memiliki beberapa kriteria khusus agar dapat berfungsi secara maksimal di segala medan. Berikut ini adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda pertimbangkan saat akan memilih kamera sebelum berjalan-jalan.

  1. Kamera Bersensor Besar

Alasan mengapa hasil foto menggunakan ponsel dengan kamera berbeda padahal memiliki megapixel (ukuran) yang sama adalah karena ukuran sensornya berbeda. Kamera yang memiliki sensor besar mampu menangkap cahaya lebih banyak, sehingga hasil foto walaupun dalam kondisi remang-remang pun tetap akan bagus. Contoh kamera dengan ukuran sensor terkecil hingga besar adalah Canon G7Xx (1 inci) dan Canon DSLR 5d (35mm full frame).

  1. Mencari Kamera yang Kompak

Jika Anda menyukai travelling di gunung atau dataran tinggi, akan lebih baik jika memilih kamera mirrorless. Kamera mirrorless berukuran lebih ringan dengan lensa lebih kecil dibandingkan  kamera versi DSLR-nya, tetapi memiliki kualitas hasil jepretan yang tidak kalah bagus.

Akan tetapi kamera mirrorless memiliki baterai cenderung boros dan kurang akurat saat menjepret objek bergerak. Untuk mengatasi hal ini, Anda cukup membawa 2—3 baterai ekstra. Sebagai alternatif lain, Anda juga dapat memilih kamera dengan sensor besar (1 inci termasuk besar).

  1. Menggunakan Lensa Fleksibel

Jika kamera Anda dapat berganti lensa, belilah lensa yang memiliki bukaan diafragma besar (sekitar 1,8—2,8). Kamera dengan diafragma besar memudahkan Anda dalam mengambil foto. Misalnya saat sore hari dan kondisi remang-remang, Anda dapat memotret dengan shutter speed cukup tanpa tripod. Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikan dua lensa seperti 18-55 dan 55-200 untuk hasil lebih maksimal.

  1. Memerhatikan Fitur-Fitur Kamera

Memperhatikan fitur-fitur yang tidak ada pada kamera lain, misalnya microphone slot untuk memasang mic eksternal (berguna untuk vlogging) menjadi hal penting. Jika kamera Anda memiliki jendela bidik dengan ukuran memadai, meng-compose foto di bawah terik sinar matahari pun tidaklah sulit. Contoh lain adalah fitur image stabilizer (tidak semua kamera ada) dapat mengamankan hasil jepretan meski tangan Anda sering bergetar saat memfoto.

  1. Memerhatikan Ketahanan Kamera

Saat travelling, Anda memerlukan kamera dengan daya tahan yang bagus, sehingga bisa menyesuaikan dengan segala situasi dan kondisi. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari kamera dengan kemampuan weather resistant. Walaupun tidak se-waterproof kamera di bawah air, setidaknya kamera jenis ini dapat tahan dari cipratan air, debu, dan kelembaban yang tinggi.

Itulah lima kriteria yang sebaiknya ada pada kamera yang Anda bawa untuk menemani travelling. Bepergian yang jauh bahkan memerlukan biaya yang tidak sedikit tentu akan sayang jika tidak diabadikan atau memiliki hasil jepretan yang tidak bagus. Ada banyak pilihan kamera yang bisa Anda pertimbangkan, misalnya Canon DSLR yang memenuhi kriteria di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *