4 Tips Melakukan Olahraga yang Aman Pada Masa New Normal

4-tips-melakukan-olahraga-yang-aman-pada-masa-new-normal

Masyarakat Indonesia sudah melakukan isolasi mandiri di rumah sejak akhir Maret 2020 guna memutus rantai penyebaran virus corona. Pandemi corona telah menyebar dengan jutaan orang terinfeksi di seluruh dunia. Penerapan new normal dilakukan untuk memulai kehidupan baru di tengah pandemi corona yang belum berakhir. Anda tetap bisa melakukan olahraga pada masa pandemi dengan memperhatikan protokol kesehatan. Daripada berkerumun membeli perlengkapan kesehatan, Anda bisa membeli produk di toko olahraga online.

Agar Anda bisa melakukan olahraga di luar rumah atau ruang publik dengan aman, pastikan untuk mengaplikasikan tips olahraga yang baik selama masa pandemi berikut:

1. Selalu menjaga kebersihan diri

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Sebaiknya Anda tidak langsung melakukan kegiatan yang lebih berat, namun lakukan kesehatan fisik yang ringan dulu. Masa pandemi yang membuat Anda lama berdiam diri di rumah memang perlu waktu adaptasi untuk melakukan olahraga yang berat.

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Selain menjaga kebersihan diri sendiri, Anda harus memperhatikan kebersihan lingkungan yang menjadi tempat melakukan olahraga. Kalau berada di ruang publik, sebaiknya Anda tetap perhatikan protokol kesehatan dengan menghindari kontak sosial atau fisik dengan orang lain.

Jika Anda melakukan olahraga yang membutuhkan peralatan seperti bersepeda, bulu tangkis dan lain-lain, pastikan untuk membersihkan peralatan yang Anda gunakan. Buat jadwal rutin untuk membersihkan peralatan dan perlengkapan yang Anda perlukan. Mau beli peralatan atau perlengkapan terbaru, Anda bisa membeli di toko olahraga online yang lebih efisien dan bisa menghindari risiko berkerumun di toko offline.

3. Melakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga

Pemanasan harus tetap dilakukan guna meregangkan otot-otot tubuh sebelum Anda melakukan olahraga. Sedangkan pendinginan wajib dilakukan untuk merelaksasi tubuh setelah olahraga. Otot tubuh bisa menjadi tenang sebelum Anda melakukan aktivitas selanjutnya, ya!

4. Memperhatikan intensitas dan durasi olahraga

Tips aman melakukan olahraga saat masa pandemi adalah memperhatikan intensitas dan durasi yang Anda perlukan. Olahraga fisik bisa Anda lakukan setidaknya 3-5 kali seminggu dengan durasi yang bervariasi, misalnya 30 menit saja. Melakukan kegiatan yang berlebihan pada masa new normal bisa saja mempengaruhi kesehatan Anda.

Imunitas menjadi hal penting yang harus tetap Anda perhatikan selama masa pandemi. Keinginan Anda untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar malah bisa mudah sakit saat tubuh tidak mampu melakukan olahraga yang terlalu berat atau over training.

5. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Saat Anda melakukan olahraga, pastikan tubuh Anda tidak mengalami hidrasi. Mengeluarkan banyak keringat selama aktivitas fisik memang hal yang wajar, namun Anda tidak boleh mengabaikan kebutuhan cairan dalam tubuh. Dehidrasi bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda mengalami penurunan dan berisiko tinggi terkena penyakit termasuk penularan virus corona. Masa new normal harus tetap memperhatikan protokol kesehatan agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Jaga jarak Anda dengan orang lain saat melakukan olahraga di ruang publik. Jika Anda memang hendak melakukan latihan olahraga di tempat tertentu, pastikan selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Jangan lupa untuk memakai masker di mana saja agar Anda terhindar dari risiko paparan virus corona lewat bersin atau air liur yang terinfeksi. Sebaiknya gunakan peralatan dan perlengkapan olahraga mandiri untuk sementara waktu, ya! Beli produk olahraga pribadi yang Anda butuhkan di toko olahraga online yang kredibel, yuk!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy